Seru! Kayak buku cerita. Di sini Jack Trout dan Al Ries mengaplikasikan ide-ide strategi militer dari buku On War karya von Clausewitz. Prinsip-prinsip strategi militer juga diterapkan dalam strategi marketing. Perusahaan dapat melakukan penyerangan (offensive), bertahan (defensive), mengepung (flanking), dan bergrilya (guerilla). Buku yang diterbitkan lagi setelah 20 tahun terbit tanpa adanya revisi ini sebetulnya agak-agak basi, terutama di bagian perang komputer. Di sana IBM sangat dipuji-puji sebagai market leader, di mana saat ini kita tahu, IBM sudah ntah di mana. Untuk edisi 2006, tidak ada perbaikan signifikan dalam isinya, hanya polesan-polesan kecil di samping tulisannya. Salah satunya adalah “pengakuan dosa” penulis mengenai kesalahan mereka memprediksi dominasi IBM. Alasannya, pada saat itu, IBM sangat mendominasi pasar, sehingga sulit diduga bahwa akan begini akhirnya. Selain itu, nama-nama seperti Dell dan Compaq yang saat ini (kecuali Compaq) menjadi market leader, dalam edisi 1986 tidak disebutkan sama sekali. namun di edisi 2006, ada tambahan sedikit (bukan pada text utama lagi) mengenai keberhasilan Dell.
Bagaimanapun juga, buk ini cukup menarik dan menghibur. Prinsip-prinsipnya boleh diaplikasikan. Namun perlu buku-buku lainnya sebagai pelengkap agar ktia tidak menelan bulat-bulat informasi yang diperoleh deri buku ini.
Tinggalkan Balasan