Apa makna tujuan Anda?

Hampir 20 tahun yanng lalu, saya menuliskan tujuan hidup saya pada saat training basic management di tempat saya bekerja dulu. Sebagai fresh graduate yang naif, saya menuliskan hal yang sangat kongkrit: memiliki BMW Z3. Sebagai penghobi otomotif, adalah hal yang wajar menjadikan mobil impiannya menjadi tujuan hidup. Sekilas saya mengintip tujuan hidup teman sekelas saya.... Continue Reading →

Lihatlah background suatu peristiwa, maka kamu akan belajar untuk menjadi bijak

Di sore hari selepas meeting, seorang sahabat memgkonfirmasikan apakah seseorang yang saya hormati pernah menjabat suatu posisi di salah satu anak perusahaan. Dari ekspresinya saya menangkap bahwa dia mendengar hal yang negatif tentang orang yang saya hormati tersebut. Setelah didesak akhirnya dia pun mengaku kalau mendengar gosip bahwa orang yang saya Hormati tersebut dianggap tidak... Continue Reading →

Bersyukur itu nikmat

Sudah tiga hari ini saya menggunakan mobil Xenia kakak saya yang sudah hampir berumur 10 tahun. Ini "terpaksa" saya lakukan karena mobil saya sedang diperbaiki di bengkel akibat menyerempet trotoar ditambah menyundul tiang pembatas jalan. Akhirnya saya harus nerjibaku menghadapi kerasnya jalanan dengan menggunakan transmisi manual.Padamulanya saya sempat ragu, samggupkah menghadapinya? Dengan transmisi otomatis saja... Continue Reading →

PIKIRAN NEGATIF TERNYATA TIDAK BAIK BAGI KESEHATAN

1st MARAH selama 5 menit akan menyebabkan sistem imun tubuh kita mengalami depresi selama 6 jam. 2nd DENDAM dan MENYIMPAN KEPAHITAN akan menyebabkan imun tubuh kita mati. Dari situlah bermula segala penyakit, seperti STRESS, KOLESTEROL, HIPERTENSI, SERANGAN JANTUNG, RHEMATIK, ARTHRITIS, STROKE . 3rd Jika kita sering membiarkan diri kita STRESS, maka kita sering mengalami GANGGUAN... Continue Reading →

Hidup Mengalir Seperti Air

Kita sering mendengan orang-orang yang berkata, "ah, hidup gua sih mengalir seperti air aja". Dari sisi kepasrahan, memang pernyataan itu betul. Kita siap menghadapi hidup ini, sesuai dengan kehendak-Nya. Tapi, apakah Allah menghendaki kita hanya hidup begitu-begitu saja, tanpa perjuangan, diombang-ambing oleh kehidupan itu sendiri? Saya yakin tidak! Hidup ini adalah ujian. Kita harus mempersiapkan... Continue Reading →

Kebocoran Emosi

Alkisah ada seorang tukang kayu yang diberi proyek seorang saudagar di desa sebelah. Pekerjaannya cukup rumit dan memakan waktu hingga larut malam. Setelah menyelesaikannya, sang tukang kayu tampak lelah. Karena sudah larut malam, saudagar tersebut akhirnya memutuskan untuk mengantar sang tukang kayu ke rumahnya. Setelah sampai di rumahnya, sang tukang kayu pamit dan segera turun.... Continue Reading →

Yang Jelek Dibuang!

Terkadang aku merasa dunia ini (baca: manusia) bener-bener nggak adil. Mereka maunya hanya menerima yang bagus-bagus aja. Kalau memilih anggur di carrefour, pasti dicari yang paling bagus. Yang kusam, keriput, busuk, bener-bener disingkirin. Cewek yang bening dikit aja, mata-mata pada memandang lapar, ingin menerkam (kayaknya berlebihan deh..). Coba yang "kusam". Jangankan menerkam, dipandang sekejab, langsung... Continue Reading →

Jam Demi Jam

Seorang gadis kecil bertanya kepada ayahnya, "Ayah, bisakah seseorang melewati seumur hidupnya tanpa berbuat dosa?"  Ayahnya menjawab sambil tersenyum, "Tak mungkin, nak."  "Bisakah seseorang hidup setahun tanpa berbuat dosa?" ,tanyanya lagi.  Ayahnya berkata: "Tak mungkin, nak."  "Bisakah seseorang hidup sebulan tanpa berbuat dosa?"  Lagi-lagi ayahnya berkata, "Tak mungkin, nak."  "Bisakah seseorang hidup sehari saja tanpa... Continue Reading →

Belajar Ikhlas dari Supir Taksi

Saya mendekati taksi biru itu. Sebenarnya saya ragu, karena Kramat Raya bukan jarak yang jauh dari Cempaka Emas, tempat saya berdiri sekarang ini. Paling 10-15 menit sudah sampai. Jarak sedekat itu tentu tidak sebanding dengan lamanya sopir taksi tersebut mangkal di tempat  ini. Oleh karenanya, saya sudah bersiap untuk tidak kecewa.  Saya buka pintu belakang taksi itu.... Continue Reading →

Takut apa ya?

Sebenernya, apa sih yang paling kita takutkan di dunia ini? Kematian? Kemiskinan? Kelaparan? Kehilangan pekerjaan? Kehilangan cinta? kehilangan teman? Atau bahkan takut akan ketakutan itu sendiri? Semua orang pasti punya ketakutannya masing-masing. Dan ketakutan itu multidimensi. Saya takut sama kecoa, tapi nggak takut sama tikus. Namun, sekedar sharing saja, bahwa saya paling takut sama tiga... Continue Reading →

Being Happy

Buku karya Andrew Mathews ini sangat menginspirasi hidup saya. Isinya ringan dengan gaya tulisan yang mudah dimengerti. Kata-kata yang sangat berbekas bagi saya, yang intinya isinya sbb: “Cintailah dia bukan karena suatu hal, tapi cintailah dia karena dia adalah dia. Jika kita mencintainya karena suatu hal, dan suatu hal itu hilang dari dirinya, maka kita... Continue Reading →

Mau kaya? Bersukurlah!

Jalanan di Jakarta makin hari dirasa semakin menyedihkan. Angkutan umum berhenti sembarangan. Tidak peduli dengan antrian panjang di belakangnya. Telinganya seakan tuli dengan bunyi klakson yang dibunyikan para pengendara yang terhambat kendaraannya. Ada juga supir metromini yang menjalankan kendaraannya dengan sangat lambat, berharap agar ada penumpang baru, karena kendaraannya masih kosong melompong. Seperti rekannya yang... Continue Reading →

Keadilan Allah SWT

Tulisan ini aslinya ditulis oleh nubogalalakon. Tulisannya sangat menggugah, sehingga dapat membuka mata hati kita dan tetap ikhlas terhadap segala kejadian yang tampaknya tidak adil bagi kita. Dengan mengetahui segala sesuatunya ada yang mengatur, maka kita akan tetap dapat menjaga keikhlasan kita akan kehidupan.     Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik... Continue Reading →

Angin Barat vs Angin Timur

Konon, jaman dahulu kala angin timur dan angin barat bersahabat erat. Walaupun demikian, mereka memiliki sifat yang bersebrangan. Angin barat bersifat suka memamerkan diri, sombong, angkuh, keras, sementara angin barat lebih rendah hati, tenang, kalem, bersahaja. Suatu hari angin barat menantang angin timur. Mereka melihat seorang anak yang duduk di atas pohon, kemudian angin barat... Continue Reading →

Tidak Tahu Terima Kasih

Tadi pagi dengerin GenFM ada topik menarik yang biasa dibahas setiap jam 7-an. Biasanya sih topiknya lucu-lucu, cuman kali ini kok agak kurang pas ya rasanya. Topiknya adalah bagaimana kita menghadapi orang tua kita yang gaptek dengan gadgetnya. Si Kemal membuka ceritanya dengan pengalaman pribadinya yang kesel dengan permintaan nyokapnya untuk dibeliin BB. Mamanya pengen... Continue Reading →

Belajar kehidupan dari superdeal 2 Milyard

Menyaksikan kuis superdeal 2 milyard ternyata tidak hanya sekedar menghibur, tapi juga memberikan pelajaran hidup yang mendalam. Dalam salah satu scene, peserta disuruh memilih foto senyum, foto tertawa, dan foto cemberut. Seperti biasa, dibalik foto tersebut tersimpan hadiah mulai dari mobil hingga sampah. (Mungkin) terpesona dengan sang host, peserta yang kebetulan wanita memilih foto tertawa.... Continue Reading →

Kepompong yang tidak menjadi kupu-kupu

Saya pernah membaca sebuah e-mail yang menceritakan seorang anak kecil yang tidak tega melihat perjuangan kepompong untuk menjadi kupu-kupu. Anak itu akhirnya "membantu" kepompong untuk keluar. Namun, sang kepompong yang sejatinya harus menjadi kupu-kupu yang indah setelah berjuang keluar dari kepompongnya, akhirnya menggelepar lemah dan mati. Ternyata, upaya keluar dari kepompong tersebut adalah tahapan yang... Continue Reading →

Never under estimate

Pernyataan tersebut terngiang kembali akibat pengalaman saya pagi ini. "Never under estimate" adalah motto sahabat saya yang kebetulan peraih medali emas olympiade fisika tahun 1997. Prinsip suksesnya adalah, jangan pernah menganggap remeh apapun yang dihadapi. Inilah yang membuatnya selalu excellent dalam menghasilkan karya. Pagi ini saya bersyukur karena pilkada DKI berlangsung dua putaran, sehingga saya... Continue Reading →

Jas merah

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menyambut ulangtahun bung Karno yang berlangsung pada tanggal 6 Juni yang lalu. Kebetulan pula pada tanggal yang sama 67 tahun yang lalu merupakan moment penting dalam sejarah di mana tentara sekutu mendarat di normandia, yang mengubah arah perang dunia kedua saat itu, yang secara langsung berpengaruh secara signifikan terhadap peta... Continue Reading →

Blog di WordPress.com.

Atas ↑